Halaman

Rabu, 04 Mei 2016

Jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan di Indonesia

Buat kamu yang lagi bingung nentuin jurusan buat masa depan kamu ,tenang aja ini ada rekomendasi jurusan yang prospek kerjanya menjanjikan buat masa depan kamu.Tentunya dalam memilih jurusan kuliah itu salah satu hal sulit karena ini menyangkut masa depan, ya gak sih???
Oke langsung aja kita ke intinya ya,
JURUSAN DENGAN PROSPEK KERJA YANG MENJANJIKAN   :

1.Teknologi Industri Pertanian
       Teknologi Industri Pertanian didefinisikan sebagai disiplin ilmu terapan yang menitikberatkan pada perencanaan, perancangan, pengembangan, evaluasi suatu sistem terpadu (meliputi manusia, bahan, informasi, peralatan dan energi) pada kegiatan agroindustri untuk mencapai kinerja (efisiensi dan efektivitas) yang optimal. Disiplin ini menerapkan matematika, fisika, kimia/biokimia, ilmu-ilmu sosial ekonomi, prinsip-prinsip dan metodologi dalam menganalisis dan merancang agar mampu memperkirakan dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem terpadu agroindustri. Sebagai paduan dari dua disiplin, teknik proses dan teknik industri dengan objek formalnya adalah pendayagunaan hasil pertanian.
                       Teknologi Industri Pertanian ini apasih gelarnya?
TIP ini gelar nya yaitu S.TP (Sarjana Teknologi Pertanian), meskipun ada embel-embel pertanian nya TIP ini tidak kesawah kok, tenang aja hehe.TIP ini mengolah hasil dari pertanian dan memberi nilai tambah dari suatu produk.Bagi yang sukanya di laboratorium TIP juga banyak praktikum di Lab kok,Bagi yang sukanya statistik,manajemen ,kewirausahaan,desain gambar dan masih banyak lagi ilmu yang di pelajari di TIP ini.
         Itu tadi membahas sedikit tentang Teknologi Industri Pertanian ,Ni dia TEMPAT kerjanya TIP :
1) Industri Pangan
              Dalam industri pangan lulusan TIP bisanya dapat bekerja di Perusahaan ini Unilever, Nestle, ABC, Indofood, Bimoli, So Good  ,PTPN ,Perusahaan Sawit ,Perusahaan Karet dan Perusahaan lain yang mengelola hasil pertanian
2) Industri Kosmetik
              Lulusan TIP ini jago buat kosmetik juga loh yang terbuat dari bahan nabati dan dapat bekerja di perusahaan Mustika ratu, Martha tilaar, Wardah dan perusahaan lainnya.
3) Industri Hilir 
               TIP juga dapat bekerja di Archiles, Pertamina, Pertambangan, Krakatau Steel, Perbankan, Pupuk Kujang
4) Birokrat
             Ni di bidang birokratnya ,dapat bekerja di BUMN, Kementrian Perindustrian, Kementrian Pertanian.
5) Institusi
 IPB, UGM, Unpad, UB, Balai Penelitian 


            Kurang apa lagi ni jurusan Teknologi Industri Pertanian ? Keren bukan ? Jadikan TIP sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah .



2.FARMASI

              Farmasi merupakan gelar profesional dengan keahlian di bidang farmasi. Farmasis biasa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan.
           Farmasi ni gak kalah keren kok dari TIP ni dia tempatkerjanya Lulusan Farmasi :
1.Instansi Pemerintah
          Sarjana farmasi sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi kesehatan semacam Apotek, Rumah Sakit, maupun Puskesmas.
2.Tenaga pengajar dan Instansi penelitian
          Dapat b ekerja sebagai dosen jika melanjutkan jenjang pendidikan S2 farmasi .
3.Industri dan perusahaan Swasta
          Dalam perindustrian kosmetik dan obat-obatan farmasi memiliki peran penting untuk itu ,dimana dalam industri kosmetik dapat bekerja di Martha Tilaar ,Mustika Ratu dll.Industri obat-obatan tradisional dan jamu tempat kerjanya di perusahaan Sidomuncul,Nyonya Meneer, Air Mancur, dan Jamu Jago.Dan selanjutnya untuk bidang industri perdagangan biasanya lulusan farmasi akan ditempatkan sebagai penjamin mutu standar keamanan dan kualitas obat-obatan maupun alat kesehatan.
3.TEKNIK KIMIA
            
  Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi.

Lulusan teknik kimia juga memiliki prospek kerja yang bagus dimana dapat bekerja di perusahaan -perusahaan baik instansti pemerintah maupun swasta.
Teknik kimia hampir dibutuhkan disemua bidang industri seperti industri obat-obatan,industri pertanian,transportasi, pangan,bahan bangunan kecantikan dan masih banyak lagi.Pada sektor pemerintahan Teknik Kimia dapat bekerja di Kementerian Energi danSumberdaya Mineral,Kementerian Perindustrian dan Kementrian linggkungan hidup


Demikian lah jurusa-jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus ,semoga bermanfaat dan dapat dijadikan salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan.Oke Thanks udah baca ya...

2 komentar:

  1. Jadi jangan Pusing-pusing lagi deh mau kuliah di jurusan apa

    BalasHapus
  2. How to make money online with a few simple tools
    The easiest way septcasino to make money online with a few simple tools is with a few simple tools. One videodl.cc such งานออนไลน์ is a simple tutorial on making money online.

    BalasHapus